loading
Rumah Sakit Terbaik di Singapura: Umum atau Swasta? | Travel141

Rumah Sakit Terbaik di Singapura: Umum atau Swasta?

Singapura terkenal dengan pelayanan medisnya yang efisien dan bertaraf kelas dunia dengan teknologi yang maju dan para ahli disetiap bidangnya menjadikan Singapura sebagai salah satu destinasi wisata medis di dunia. Karena layanan kesehatan di Singapura dinilai sangat tinggi, apa sih yang menjadi perbedaan antara rumah sakit umum dan swasta di Singapura?

 

Rumah Sakit Terbaik di Singapura: Umum atau Swasta? | Travel141

 

Keterjangkauan Harga

Pada umumnya, rumah sakit umum di Singapura disubsidi oleh pemerintah. Dan sebaliknya, kamu harus membayar lebih untuk menikmati eksklusivitas rumah sakit swasta di Singapura. Walaupun biaya perawatan dan operasinya tidak dipublikasikan, tetapi kamu dapat mengetahui tentang biaya kamarnya.

 

Rumah Sakit Terbaik di Singapura: Umum atau Swasta? | Travel141

Kamar Kelas C di SGH | Photo Courtesy: Singapore General Hospital

 

Salah satu rumah sakit umum di Singapura, Singapore General Hospital (SGH) – dengan kamar rumah sakit termurahnya (kelas C) dimulai dari SGD 35 atau IDR 380,000 per harinya. Kamar ini terdiri dari 9 tempat tidur dan tidak ber-AC. Jikalau warga Singapura memilih kamar ini, mereka telah memenuhi syarat untuk menerima subsidi dari pemerintah.

 

Rumah Sakit Terbaik di Singapura: Umum atau Swasta? | Travel141

Kamar Kelas A di SGH | Photo Courtesy: Clearly Surely

 

Kamar kelas A ini tersedia bagi mereka yang menginginkan sedikit privasi. Selain itu, kamar mandi juga tersedia di dalam kamar ini dan pasien juga dapat memilih makanan sesuai dengan yang mereka inginkan. Dengan total biaya kurang lebih SGD 466 atau kurang lebih IDR 5,200,000 per harinya. Walaupun SGH termasuk salah satu rumah sakit umum di Singapura, pasien yang memilih untuk tinggal di kamar kelas A akan dikenakan biaya sebagai pasien pribadi selama perawatan jalan mereka.

 

Website          : https://www.sgh.com.sg/Pages/default.aspx

Info Kamar     : https://www.sgh.com.sg/patient-services/charges-payment/pages/types-wards.aspx

 

Rumah Sakit Terbaik di Singapura: Umum atau Swasta? | Travel141

Royal Suite | Photo Courtesy: Mount Elizabeth 

 

Mount Elizabeth – rumah sakit swasta di Singapura dengan tarif terendah dimulai dari SGD 276 atau berkisar IDR 3,000,000 untuk kamar dengan 4 tempat tidur lainnya. Setiap pasien akan mendapatkan masing-masing TV dengan 8 saluran yang berbeda, perlengkapan mandi dan juga Wi-Fi gratis!

Untuk kamu yang ingin beristirahat dan ditemani dengan kemewahan, Mount Elizabeth menyediakan Royal Suite yang sesuai dengan keluarga kerajaan. Tidak hanya dilengkapi dengan fasilitas yang luar biasa, tetapi pasien juga akan mempunyai kepala pelayan pribadi untuk memenuhi semua kebutuhannya. Kamar ini juga dilengkapi dengan peralatan mandi yang mewah dan bathtub. Yuk, lihat bagaimana sih kondisi Royal Suite – disini. Dengan biaya yang kurang lebih dapat menutup biaya selama 160 hari di SGH untuk kamar kelas C ini memakan kurang lebih SGD 5,588 atau IDR 61,000,00! Pssst, kamar ini bahkan bukan kamar yang termahal di Mount Elizabeth loh!

 

Website          : https://www.mountelizabeth.com.sg/
Info Kamar     : https://www.mountelizabeth.com.sg/cost-financing/room-rates

 

Rumah Sakit Terbaik di Singapura: Umum atau Swasta? | Travel141

 

Lokasi

Karena kelangkaan lahan di Singapura, tarif properti relatif lebih tinggi terutama di daerah pusat Singapura dan mendorong rumah sakit umum di Singapura untuk berada di wilayah terluar Singapura kecuali SGH yang terletak di wilayah pusat Singapura. Sebaliknya, kebanyakan rumah sakit swasta di Singapura malah berlokasi di pusat kota dan lebih mudah diakses oleh pasien atau turis untuk wisata medis mereka.

 

Rumah Sakit Terbaik di Singapura: Umum atau Swasta? | Travel141

 

Durasi Menunggu

Walaupun rumah sakit di Singapura terkenal dengan keefisienan dalam merawat pasien, tapi ini tidak selalu terjadi. Di departemen Kecelakaan dan Darurat atau yang dikenal dengan A&E (Accident & Emergency) di Singapura, karena jumlah tempat tidur yang terbatas, beberapa pasien harus ditempatkan di tenda atau di tempat parkir tertutup. Sejak itu, banyak tempat tidur yang ditambah di setiap rumah sakitnya. Namun, masalah itu kembali terjadi ketika permintaan pasien yang tinggi terjadi.

 

Rumah Sakit Terbaik di Singapura: Umum atau Swasta? | Travel141

Photo Courtesy: The Straits Times

 

Di sisi lain, Mount Elizabeth menyatakan bahwa rata-rata waktu menunggu mereka di departemen A&E Cuma 30 menit loh! Tetapi bagaimanapun mereka akan memberikan prioritas kepada pasien yang membutuhkan perawatan medis dengan segera.

 

Layanan kesehatan di Singapura telah terbukti sebagai salah satu yang terbaik di dunia dan tidak dapat dipungkiri. Apapun yang menjadi pilihan kamu di Singapura, kamu dapat mengharapkan perawatan medis dengan standar yang sama. Tergantung pada perawatan yang kamu terima, kamu mungkin memerlukan kendaraan yang membantu kamu membawa peralatan medis kamu tanpa harus repot-repot. Yuk! Jangan lupa subscribe ya, karena Travel141 akan segera meluncurkan layanan sewa mobil internasional loh! Jangan sampai ketinggalan ya.

 

Baca selanjutnya mengenai Guide Travel di Singapura:

  1. The Great Food Festival: Penutupan yang Sempurna untuk Acara MICE kamu di Singapura
  2. Yuk, Ngintip Lebih Dalam ke Wisata Medis di Thailand, Malaysia dan Singapura
  3. Travel Guide Singapura: Pacu Adrenalin Kamu Dengan Balapan F1 di Acara MICEmu
  4. Lokasi MICE di Singapura: 5 Lokasi Unik untuk Mengadakan Acara Perusahaan
  5. Family Fun In Singapore: The Live Turtle And Tortoise Museum

Comments are closed here.